KPPGPPL BLOG: Anggota Pramuka dan Paskibra Dikenalkan Habitat Rafflesia

Senin, 24 Agustus 2015

Anggota Pramuka dan Paskibra Dikenalkan Habitat Rafflesia

Puluhan pelajar Kab. Kaur yang terbagung dalam anggota Pramuka dan Paskibra di wilayah Kaur Utara dan Padang Guci Hulu kembali kami kenalkan ke habitat rafflesia dalam kegiatan jelajah bumi rafflesia pada hari Minggu, 23 Agustus 2015.

Kegiatan dilakukan bertujuan untuk menggugah kecintaan generasi penurus terhadap kekayaan flora yang merupakan ciri khas daerahnya sendiri dengan harapan mereka juga ikut menjaga dan melestarikannya. Apalagi, kawasan hutan yang berada di wilayah Padang Guci Kabupaten Kaur menyimpan kekayaan alam yang bernilai sangat tinggi ditumbuhi dua jenis flora langka dunia yaitu rafflesia jenis bengkuluensis dan raffflesia jenis arnoldii. 

Kegiatan berlangsung selama tiga jam lebih dengan melakukan aktivitas tracking dimulai dari desa Manau Sembilan menuju lokasi habitat rafflesia yang bejarak sekitar enam kilo.

Selain mengenalkan, kami juga memberikan pengetahuan seputar rafflesia, aturan dasar memasuki kawasan rafflesia seperti larangan membuang sampah sebarangan di dalam hutan.

Keistimewaan rafflesia yang bermekaran di Padang Guci Kabupaten Kaur adalah selain hutan yang masih alami, lokasi bunga mekar dan bonggol-bonggolnya terbilang cukup ekstrim, dimana untuk benar-benar sampai ke lokasi, pengunjung harus berkali-kali naik turun tebing, melintasi sawah/kebun penduduk, melintasi beberapa sungai besar dan anak sungai, sehingga mempunyai tantangan tersendiri bagi yang suka berpetualang di alam liar.

Tentunya kekayaan ini harus tetap dijaga keberadaannya dan dilestarikan agar tidak punah.

Salam Lestari ! KPPGPPL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar