KPPGPPL BLOG: Habitat tiga jenis rafflesia Bengkulu teridentifikasi

Sabtu, 15 Agustus 2015

Habitat tiga jenis rafflesia Bengkulu teridentifikasi

Bengkulu (Antara) - Komunitas Peduli Puspa Langka Bengkulu berhasil mengindentifikasi habitat tiga jenis bunga rafflesia yang tumbuh di hutan wilayah itu yakni Rafflesia arnoldii, Rafflesia bengkuluensis, dan Rafflesia gadutensis.

"Masih ada satu jenis lagi yang hidup di hutan Bengkulu tapi belum kami temukan yaitu Rafflesia hasselti," kata Koordinator KPPL Bengkulu Sofian Ramadhan di Bengkulu, Rabu.

Ia mengatakan selama ini KPPL telah menggelar ekspedisi habitat rafflesia ke sejumlah kawasan hutan dan terakhir digelar di kawasan Hutan Lindung Boven Lais yang masuk wilayah Kabupaten Bengkulu Utara.

Untuk wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah yakni Cagar Alam Taba Penanjung dan Kabupaten Kepahiang, terutama di Hutan Lindung Bukit Daun diidentifikasi sebagai habitat rafflesia jenis arnoldii.

Dari 27 spesies bunga rafflesia, jenis Rafflesia arnoldii merupakan yang pertama kali diidentifikasi. Thomas Stamford Raffles dan Dr Josep Arnold yang mengidentifikasi jenis tersebut pada 1818 di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu.

"Jenis arnoldii memiliki diameter paling besar, pernah kami temukan sampai 120 centimeter," katanya.

Sedangkan kawasan hutan di wilayah Padang Guci Kabupaten Kaur, teridentifikasi sebagai habitat kunci rafflesia jenis bengkuluensis.

Jenis ini memakai nama epithat "Bengkuluensis" untuk menghormati Bengkulu sebagai lokasi pertama kali jenis ini didiskripsikan.

Rafflesia bengkuluensis pertama kali dideskripsikan oleh Agus Susatya yang merupakan dosen Program Studi Kehutanan Universitas Bengkulu dan dua rekannya dari Malaysia, yakni Arianto dan Mat Salleh pada 2005 di Desa Talang Tais Kabupaten Kaur.

Sedangkan Rafflesia gadutensis baru saja ditemukan mekar di kawasan Hutan Lindung Boven Lais di Kabupaten Bengkulu Utara.
Rafflesia Jenis Gadutensis Foto KPPL
Pakar rafflesia dari Universitas Bengkulu, Agus Susatya mengatakan jenis rafflesia yang mekar di HL Boven Lais tersebut terverifikasi sebagai jenis gadutensis.

"Sebelumnya diduga jenis arnoldii tapi ada perbedaan warna, ukuran, bercak dan ramentanya ternyata jenis gadutensis," katanya.

Rafflesia gadutensis, ditemukan oleh W. Meijer pada 1984 di kawasan Ulu Gadut, Sumatera Barat.

Seperti jenis rafflesia lainnya, bunga ini tumbuh pada inangnya, liana merambat yakni tetrastigma lanceolarium, yang termasuk keluarga vitaceae.

Tiga lokasi bunga tersebut dipantau secara aktif dan swadaya oleh masyarakat antara lain Kelompok Peduli Puspa Langka Tebat Monok di Kepahiang, Komunitas Pemuda Padang Guci Peduli Puspa Langka di Kabupaten Kaur dan Komunitas Peduli Puspa Langka Bengkulu Utara di Kabupaten Bengkulu Utara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar