KPPGPPL BLOG: Rafflesia Gadutensis Meijer

Sabtu, 22 Agustus 2015

Rafflesia Gadutensis Meijer

Rafflesia gadutensis merupakan salah satu jenis dari empat jenis rafflesia yang tumbuh di hutan Bengkulu yakni; R. arnoldii, R. Gadutensis Meijer, R. Hasseltii Suringar, dan R. Bengkuluensis. Jenis ini dapat ditemukan di sisi barat Pegunungan Bukit Barisan Kab.Mukomuko, Kab. Bengkulu Utara, Padang Sumatra Barat dan sekitarnya. Nama jenis ini diambil dari nama tempat atau tipe lokalitas dimana herbarium spesimen dikumpulkan yaitu Ulu Gadut, Padang, Sumatra Barat. Asal specimen species ini dideskripsikan oleh Meijer tahun 1984.

Rafflesia gadutensis memiliki ukuran sekitar 40-46 cm. Helai perigonnya dan permukaan atas diaphragma mempunyai warna merah maron muda. Bercak di bagian atas helai perigon dan diaphragma mempunyai ukuran yang seragam dan berwarna merah muda. Jumlah bercak di helai perigon paling panjang berkisar 10-12 buah. Di perigon, bercak mempunyai ukuran lebih besar dari pada bercak pada rafflesia arnoldii, dan kadang-kadang berdempetan dibagian bawah dekat diaphragma.

Jenis ini termasuk kelompok R. hasseltii komplek. Ramenta jenis memiliki dua jenis yaitu; ramenta dengan ujung atasnya membengkak (crateriform) dan tipe jamur (toadstool). Tipe crateriform hanya dapat dijumpai disepanjang bagian dalam permukaan tabung perigon. Sedangkan tipe jamur dijumpai dibagian bawah permukaan dalam diaphragma. Jumlah prosesi sebanyak 17-30, sedangkan jumlah anther jantan sebanyak 30 (Meijer, 1997).

Salam Lestari ! KPPGPPL

Daftar Pustaka:
Rafflesia pesona bunga terbesar di dunia ©Agus Susatya 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar