KPPGPPL BLOG: Rafflesia Bengkuluensis Mekar Juli 2015 di Padang Guci, Kaur

Minggu, 26 Juli 2015

Rafflesia Bengkuluensis Mekar Juli 2015 di Padang Guci, Kaur

Satu kuntum bunga rafflesia jenis bengkuluensis kembali mekar pada tanggal 12 Juli 2015 di Padang Guci Kab. Kaur Bengkulu. Bunga mekar kelopak lima dengan diameter 53 cm pada ketinggian 15 cm diatas permukaan tanah.

Rafflesia bengkuluensis merupakan jenis baru dari Indonesia. Jenis ini memakai nama epithat "Bengkuluensis" untuk menghormati Bengkulu sebagai lokasi pertama kali jenis ini didiskripsikan. Jenis ini pertama kali didiskripsikan oleh Agus Susatya bersama 2 rekanya dari Malaysia, yakni Arianto dan et Mat - Salleh di desa Talang Tais, Padang Guci, Kabupaten Kaur pada tahun 2005.

Rafflesia bengkuluensis berukuran medium ( diameter bunga 50-55 cm ) dengan helai perigon berukuran 15-19 cm. Helai perigon berwarna orange tua atau merah bata, dengan bercak berwarna orange muda dan berukuran panjang 9 mm dan lebar 4-6 mm.

Jenis ini favorit tumbuh di daerah hutan hujan tropis dilembah bukit barisan Sumatera atau tepatnya di kawasan Sungai Penangkulan Desa Manau Sembilan Kec. Padang Guci Hulu Kab. Kaur Bengkulu yang berjarak 200 km di Selatan Kota Bengkulu Indonesia.

Akses menuju lokasi terbilang cukup mudah. Dari desa Manau Sembilan dengan menggunakan kendaraan roda dua hanya membutuhkan waktu 15 menit hingga di kebun warga , kemudian dilanjutkan berjalan kaki selama 10 menit menuju di lokasi lokasi habitat Rafflesia.

Salam Lestari!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar