KPPGPPL BLOG: Gunung Patah Bukit Raje Mendare

Jumat, 29 Mei 2015

Gunung Patah Bukit Raje Mendare

Gunung Patah adalah sebuah dataran tinggi berbentuk Gunung yang terletak di negara Indonesia, Provinsi Bengkulu yang memiliki ketinggian 2817 mdpl, atau setara dengan 7175 kaki. Pada tanggal 1 Mei 1989, sebuah kawah aktif fumarol diamati oleh pilot pesawat kargo di daerah yang diselimuti hutan sekitar 6 km tenggara dari puncak Gunung Patah, dekat Bukit Baturigis Padang Guci Hulu Kab. Kaur Bengkulu (sekitar 4 deg 18 min S, 103 deg 19 min E). 


Lokasi Gunung Patah berada diperbatasan 3 provinsi, yaitu Bengkulu, Sumatera Selatan, dan Lampung atau yang secara administratif tepatnya terletak di kawasan HL Bukit Raje Mendare Padang Guci Hulu Kab.Kaur Bengkulu Indonesia. (Sumber: Internet)

Pada ketinggian 2450 mdpl terdapat danau sewarna bumi oleh penduduk lokal dinamakan "Danau Tumutan 7" yang merupakan sumber mata air dari 7 sungai. Pada ketinggian 2650 mdpl terdapat Kawah & Puncak Gunung Pada ketinggian 2817 mdpl.

Bukit Raje Mendare merupakan hutan hujan Sumatra yang masih perawan dan menyimpan kekayaan alam yang sangat menawan. Keberadaan Flora dan fauna langka yg semakin terancam funah seperti; Rafflesia, Amorphophallus, Kantong Semar, Anggrek, Gajah, Harimau, Rusa, Beruang, Paok Schneider, Pitta schneider, siamang, dll kemungkinan masih bisa dijumpai disini.

Selain itu Bukit Rajemendare dipercayai oleh penduduk lokal sebagai cikal bakal Kerajaan Seriwijaya. (KPPGPPL)

Catatan perjalanan lengkap tim Ekspedisi Gunung Patah secara tertulis akan segera di realese oleh tim yang terdiri dari gabungan pendaki Alumni Kampala FP Unib dan Komunitas Pemuda Padang Guci Peduli Puspa Langka (KPPGPPL) di kaskus oanc. Report resmi lengkap (on progress).

‪#‎XPDC‬ Gunung Patah With Jack Rimba, Triputra Kesuma, Muaz Gimilang, Nopri Anto & Amix Gegep

Tidak ada komentar:

Posting Komentar