KPPGPPL BLOG: Rafflesia Jenis arnoldii Lagi-lagi Mekar di Padang Guci Kabupaten Kaur

Jumat, 19 September 2014

Rafflesia Jenis arnoldii Lagi-lagi Mekar di Padang Guci Kabupaten Kaur

Desa Manau Sembilan terletak sekitar 200 kilometer di selatan ibu kota Provinsi Bengkulu. Secara adminsitratif merupakan wilayah yang berada di Kecamatan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur. Di desa ini jenis Rafflesia kerap mekar silih berganti.

Sejak Februari sampai September 2014 sudah 14 jenis Rafflesia bengkuluensis dan 4 jenis Rafflesia arnoldii tercatat oleh Komunitas Pemuda Padang Guci Peduli Puspa Langka mekar di kawasan hutan Padang Guci Kabupaten Kaur. Misalnya, pada akhir Februari 2 kali Rafflesia jenis bengkuluensis mekar dalam rentang tujuh hari. Selang sebulan jenis bengkuluensis lagi-lagi mekar sebanyak tiga kali. Pertengahan April, 2 kuntum Rafflesia jenis bengkuluensis dan 1 kuntum Rafflesia jenis arnoldii mekar di kawasan Hutan Padang Guci Kab. Kaur  2 diantara ke-3 bunga tersebut ditemukan telah membusuk. Pada akhir bulan Mei 2 Rafflesia jenis  bengkuluensis dan 1 Rafflesia jenis arnoldii. 

Foto Rafflesia jenis bengkuluensis
Awal bulan Juni 2 kali jenis arnoldii ditemukan warga mekar di hutan kawasan Air Kuning Bukit Puguk Padang Guci Hulu. Pada bulan Juli 1 jenis Rafflesia bengkuluensis dan 1 Rafllesia jenis arnoldii lagi-lagi mekar di Padang Guci Kabupaten Kaur. Dan yang terakhir pada tanggal 18 September 2014, 1 kuntum Rafflesia jenis arnoldii kembali mekar di kawasan hutan Padang Guci kabupaten Kaur dengan diameter 58 cm.

Foto Rafflesia arnoldii mekar 18 September 2014 diameter 58 cm
Berdasarkan peninjauan yang dilakukan tim Komunitas Pemuda Padang Guci Peduli Puspa Langka saat ini di lokasi habitat Rafflesia Padang Guci Kabupaten Kaur, terdapat 23 bonggol atau calon bunga Rafflesia jenis bengkuluensis dan Rafflesia jenis arnoldii.

Foto Bonggol pada Inang
Berikut data rinciannya :
1. LOKASI 1 (Hutan Kawasan Sungai Penangkulan Desa Manau Sembilan Kec. Padang Guci Hulu), terdapat 7 bonggol atau calon bunga Rafflesia bengkuluensis 3 diantaranya sebesar bola kasti.

2. LOKASI 2
(Hutan Kawasan Sungai Penangkulan Desa Manau Sembilan Kec. Padang Guci Hulu berjarak 100 meter dari lokasi 1), terdapat 2 bonggol atau calon bunga Rafflesia bengkuluensis masih sebesar bola pimpong.

3. LOKASI 3
(Hutan Kawasan Sakaian Mayan Desa Manau Sembilan Kec. Padang Guci Hulu, berada sebelah barat dari Lokasi 1 & 2 berjarak lebih kurang 500 meter), terdapat 14 bonggol atau calon bunga Rafflesia jenis arnoldii, 2 diantaranya bonggol Rafflesia arnoldii tersebut diperkirakan akan mekar pada bulan Oktober mendatang.


Banyaknya kuntum bunga Rafflesia yang mekar sejak bulan Februari hingga September dan bonggol atau calon bunga Rafflesia yang tersisa saat ini menunjukan fakta yang cukup jelas bahwa hutan kawasan Padang Guci Kabupaten merupakan habitat Rafflesia bengkuluensis dan Rafflesia arnoldii yang patut dijaga dan dilestarikan.

SALAM LESTARI | SALAM RIMBAWAN |
SEMOGA BERMANFAAT !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar