KPPGPPL BLOG: Lagi-lagi Komunitas Pemuda Padang Guci Peduli Puspa Langka Temukan Puluhan Rafflesia di Tiga Lokasi berbeda dalam Kawasan Hutan Padang Guci Kabupaten Kaur Bengkulu

Jumat, 18 April 2014

Lagi-lagi Komunitas Pemuda Padang Guci Peduli Puspa Langka Temukan Puluhan Rafflesia di Tiga Lokasi berbeda dalam Kawasan Hutan Padang Guci Kabupaten Kaur Bengkulu

Berawal dari informasi seorang warga desa Manau Sembilan Kecamatan Padang Guci Hulu yang menemukan  seminggu yang lalu, tim Komunitas pun langsung terjun menuju ke lokasi bersama Uno (seorang warga yang menemukan bunga tersebut).

Satu lokasi ditemukan berada di jarak lebih kurang 150 meter dari habitat Rafflesia bengkuluensis yang ditemukan oleh warga beberapa bulan yang lalu. Didalam lokasi ini terdapat satu bunga Rafflesia jenis bengkuluensis yang baru saja mengakhiri masa kemekarannya dan juga terdapat belasan bongkol atau calon Rafflesia bengkuluensis yang diperkirakan akan mekar pada bulan Mei mendatang.


Di satu lokasi di jarak 30 meter dari habitat tanpa disengaja Tim Komunitas Pemuda Padang Guci Peduli Puspa Langka kembali menemukan Rafflesia jenis bengkuluensis berkelopak empat yang sedang mekar dengan diameter 42 cm, namun kondisi kemekarannya kurang sempurna dikarenakan terhalang/berhimpitan dengan satu bongkol atau calon bunga yang diperkirakan akan mekar 2-3 hari lagi, juga terdapat 1 Rafflesia yang sudah membangkai dan 1 bongkol diperkirakan akan mekar pada bulan Mei mendatang.



Satu lokasi lagi berjarak 1 kilometer dari habitat Rafflesia bengkuluensis tepatnya berada dikawasan hutan sungai Sakaian Mayan, tim Komunitas kembali menemukan habitat bunga Rafflesia. Di lokasi terdapat satu bunga yang sudah membangkai dan terdapat belasan bongkol atau calon bunga, satu diantara bongkol tersebut diperkirakn juga akan mekar pada bulan Mei mendatang. Tim Komunitas memperkirakan dalam kawasan ini merupakan habitat Rafflesia jenis arnoldii, ini berdasarkan belasan bongkol yang menjalar hingga diketinggian pohon pada kawasan ini dan informasi yang didapat dari seorang warga yang menemukannya.


"Diameter kemekarannya mencapai kurang dari 1 meter atau lebih kurang mencapai diameter 70-75 cm dengan warna bunga merah hati dan percaknya berwarna putih (Katanya)".

Tonton Videonya disini:  http://www.youtube.com/watch?v=b0vjbqcZo4U

Salam Lestari...! Salam Rimbawan...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar