KPPGPPL BLOG: KPPGPPL Kembali Temukan Rafflesia Dipedalaman Rimba Padang Guci

Senin, 10 November 2014

KPPGPPL Kembali Temukan Rafflesia Dipedalaman Rimba Padang Guci

Dikatakan oleh warga di lokasi terdapat puluhan bonggol atau calon bunga yang masih berukuran kecil, empat bonggol diantaranya sudah berukuran besar dan siap mekar, dan juga terdapat beberapa bunga rafflesia yang sudah membangkai.

Penelusuran tim KPPGPPL Dimulai
Menindaklanjuti laporan tersebut, tim KPPGPPL langsung mendatangi lokasi untuk membuktikan kebenaran terhadap keberadaan flora langka yang dilindungi tersebut. Lokasi dikatakan berada di pinggir sungai Cawang Kidau yang tidak jauh dari habitat Rafflesia bengkuluensis berada di jarak sekitar 300 meter.

Tim KPPGPPL menayakan kembali kepada warga tentang keberadaan bunga Rafflesia yang ditemukan
Di lokasi, terlihat sebuah kawasan hutan yang masih semak belukar, terdapat  beberapa anak sungai. Dan kami pun memulai pencarian. Selang beberapa menit saja di dalam rimba kami menemukan satu bonggol / calon bunga yang diduga jenis bengkuluensis siap mekar satu minggu mendatang, terdapat tanaman inang yang menjalar diketinggian pohon, dan dua bunga rafflesia yang telah membangkai.

Tim KPPGPPL beristirahat sebelum pencarian dilanjutkan
Satu Bonggol diduga Raff. bengkuluensis siap mekar satu minggu mendatang
Pencarian kami pun berlanjut, beberapa menit setelah berkeliling di dalam kawasan hutan, kami kembali menemuakan beberapa bonggol masih berukuran kecil menempel pada tanaman Inang, puluhan bunga rafflesia yang telah membangkai, juga terdapat bonggol Rafflesia gagal mekar atau rusak. Dalam kawasan ini merupakan kebun milik warga, juga merupakan jalan setapak yang sering dilalui warga yang hendak pergi kehutan posisinya sangat dekat dengan tanaman inang.

Bunga rafflesia yang telah membangkai

Bonggol rafflesia yang telah rusak/gagal mekar
Bonggol rafflesia berukuran kecil mempel pada tanaman inang
Karena cuaca sudah mulai mendung, penelusuran harini kami akhiri. Dalam perjalanan pada kawasan ini kami menemukan Puspa Langka lainnya yaitu "Amorphophalus Variabilis/Bunga Bangkai"

"Amorphophalus Variabilis/Bunga Bangkai"
Kendati pencarian kami kali ini belum menemukan lokasi rafflesia seperti apa yang dilaporkan warga, namun kami akan berusaha untuk melakukan penelusuran pada hari-hari berikutnya.

Salam Lestari ! Salam Rimbawan ! Bengkulu The Land Of Rafflesia !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar