KPPGPPL BLOG: Air Terjun Batu Rigis Padang Guci Hulu

Minggu, 15 November 2015

Air Terjun Batu Rigis Padang Guci Hulu

Air terjun Batu Rigis sumber airnya berasal dari Danau Tumutan 7 di puncak Gunung Patah yang berada dalam kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan(TNBBS) Dimana jatuhanair dari Air Terjun ini melewati batu besar yangtinggi dan akan bermuara ke sungai Padang Guci.
Air Terjun Batu Rigis tepatnya berlokasi di Desa Bungin Tambun, Kec. Padang Guci Hulu, Kab. Kaur, Provinsi Bengkulu. Terletak pada ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaanlaut. Air Terjun Batu Rigis merupakansalah satu dari beberapa air terjun yangberada di kaki gunung PatahProvinsi Bengkulu. Nama Air Terjun "Batu Rigis" ini diambil dari letaknya yangberada dalam kawasan hutan Batu Rigis Padang Guci Hulu.
Air Terjun Batu Rigis memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan bertingkat-tingkat. Terjunan airnya sangat deras (cuaca normal) dan besar dengan kolam yangterbentuk di bawahnyasangat dalam dan luasnya sekitar 12 meter. Pada kolamnya, terlihat airnya sangat jernih dan berwarna hijau sehingga
sangat memanjakanmata.
Air Terjun Batu Rigis ini mempunyai keindahan yangluar biasa, lokasinya terletak jauh dibagian dalam hutan, sehingga memberikan sensasi tersendiri bagi yang suka petualangan. Pada saat berjalan menuju lokasi air terjun Batu Rigis, rindangnya pepohonan, merdunya suara alam, segarnya udara dan indahnyagemercik air yang mengalir menghapus haus dan letih saat kita menuju lokasi air ini.
Untuk menuju ke lokasi air terjun, kita harus berjalan kaki sekitar 4 jam, dimulai dari PLTMH hingga Muara Tiga berjalan menelusuri jalan setapak selama 2.5 jam, dilanjutkan dengan mengikuti jalur sungai Padang Guci hingga Muara Air Terjun Batu Rigis lebih kurang 1.5 jam perjalanan. Kemudian dari Muara Air Terjun Batu Rigis masuk dengan menelusuri aliran sungai Batu Rigis sepanjang 150 meter hingga lokasi Air Terjun.
Selama perjalanan kita akan menikmati view hutan hujantropis yangmasih hijau. Karena lokasinya jauh, bagi yang ingin berkunjung ke sini, disarankan untuk "camping/berkemah".
KPPGPPL 28-29 Oktober 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar