KPPGPPL BLOG: Bengkulu Heritage Society

Selasa, 08 April 2014

Bengkulu Heritage Society

Bengkulu Heritage Society merupakan sebuah wadah perkumpulan masyarakat yang peduli akan warisan pusaka Bengkulu terdiri dari pemerhati sejarah, travel maker, pelaku seni dan budaya, duta wisata, fotografer, wartawan, akademisi, aktivis lingkungan, movie maker, mahasiswa,  dan pelajar yang berdiri pada tanggal 18 April 2011, dengan tujuan membantu Pemerintah Republik Indonesia dalam usaha melestarikan pusaka Indonesia, yang berupa sejarah, seni dan budaya serta alam Indonesia pada umumnya dan pusaka Bengkulu pada khususnya.


Untuk mencapai tujuan tersebut, Bengkulu Heritage Society akan melakukan berbagai usaha antara lain :

  1. Melakukan inventarisasi dan advokasi warisan pusaka (heritage) alam, seni dan budaya yang ada di Indonesia pada umumnya dan yang ada di Bengkulu pada khususnya.

  2. Melakukan upaya pengenalan, peningkatan pemahaman kepada masyarakat terhadap warisan pusaka Bengkulu.

  3. Melakukan sosialisasi tentang pusaka dan kebudayaan yang ada di Indonesia pada umumnya dan yang ada di Bengkulu pada khususnya.

  4. Ikut berperan aktif dalam pengembangan dan publikasi pusaka dan budaya, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

  5. Meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat pada umumnya dan para anggota perkumpulan pada khususnya dala sejarah, kesenian, kebudayaan dan alam, melalui pertemuan, penyuluhan, pelatihan, bimbingan dan pembinaan, ceramah, seminar, pameran dan penelitian.

  6. Mengadakan kerjasama dengan badan-badan lain, baik pemerintah maupun swasta.

Bengkulu Heritage Society percaya bahwa identitas Bengkulu adalah cerminan dari diri yang unik yang terbentuk secara terus menerus berdasarkan pada kekayaan alam, sejarah, seni dan budaya yang ada di Bengkulu.

Komponen yang menyatu sedemikian rupa sehingga menjadikan Bengkulu adalah Bengkulu. Identitas kita ini adalah hal yang paling berharga yang harus kita banggakan, karena itu kita perlu berjuang demi kelestarian dan keberadaanya.

Mari bergabung dalam membangun, menata dan meningkatkan pelestarian pusaka seni budaya, sejarah dan alam Bengkulu pada umumnya.

Salam Budaya, Salam Lestari !
Source by Sofian Rafflesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar