KPPGPPL BLOG: Cughup Suromeka Padang Guci

Sabtu, 21 Maret 2015

Cughup Suromeka Padang Guci

Masyarakat Padang Guci Hulu Air Terjun ini dinamakan "Cughup Suromeka" karena letaknya memang dekat dengan persawahan Suromeka milik warga Padang Guci Hulu. Kata "cughup" memang hampir sama dengan bahasa sunda  “curugh” sebutan untuk air terjun. Cughup artinya air sungai yang mengalir dari ketinggian.

Cughup (Air Terjun) Suromeka
 Dahulu untuk menjangkau Cughup Suromeka ini kita harus berjalan kaki naik-turun tebing dan melewati kebun kopi milik warga yang jaraknya sekitar 5 kilometer dari desa Manau Sembilan atau desa Bungin Tambun. Namun, sekarang jalan menuju lokasi sudah diperbaiki sehingga jika  menggunakan kendaraan roda dua bisa melaju dengan lancar hingga sampai di kebun warga atau tepatnya dimana Prasasti Tapak Kaki berada. Disini kita dapat melihat-lihat dulu peninggalan sejarah, seperti "Prasasti Tapak Kaki" yang memang satu arah menuju lokasi Cughup Suromeka.

Prasasti Tapak Kaki
Selanjutnya, karena lokasi Cughup ini berada di sekitar persawahan penduduk yang berjarak sekitar 400 meter, perjalanan harus dilanjutkan dengan tracking (penjelajahan) dengan menelusuri persawahan tersebut. 

Rasa lelah pun terobati ketika kita berada dilokasi. Air terjun ini mengalir cukup deras dengan ketinggian lebih kurang 7 meter, memiliki kolam penampungan cukup dalam yang memugkinkan kita untuk mandi. Terdapat pohon-pohon besar disekeliling kawasan ini membuat suasana sangat sejuk dan memanjakan mata kita.

Keterangan :
Nama : Cughup Suromeka
Ketinggian : - + 7 Meter
Lokasi : Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar