KPPGPPL BLOG: Ditemukan Satu Rafflesia Sedang Mekar di Padang Guci Kab. Kaur

Sabtu, 07 Maret 2015

Ditemukan Satu Rafflesia Sedang Mekar di Padang Guci Kab. Kaur

Satu kuntum Rafflesia jenis bengkuluensis ditemukan sedang mekar harini (7 Maret 2015) di Padang Guci Hulu Kab. Kaur. Awalnya Rafflesia ini diketahui berdasarkan laporan masyarakat kepada KPPGPPL yang berkebun disekitar area itu.

Rafflesia ini mekar diameter 52 cm dengan kondisi kelopak terjepit diantara akar-akar liar yg ada dilokasi, sehingga menyebabkan bunga tidak bisa mekar sempurna. Di dalam lokasi juga ditemukan satu bonggol/kuncup Rafflesia bengkuluensis yang masih berukuran kecil juga tanaman inang (Tetrastigma) berukuran jempol kaki menjalar kedalam tanah.

Lokasi Rafflesia mekar tepatnya berada di sekitar area Perkebunan Lipih  di pinggir Sungai Cawang Kidau desa Manau Sembilan Kec. Padang Guci Hulu Kab. Kaur atau berada di jarak sekitar 2 kilometer arah utara Habitat Rafflesia bengkuluensis di Sungai Penangkulan.

Sementara itu di lokasi habitat Rafflesia bengkuluensis di Kawasan Hutan Sungai Penangkulan Padang Guci Hulu, saat ini terdapat satu bonggol Rafflesia bengkuluensis siap mekar dalam kurun waktu 4 hingga 7 hari lagi, kondisi bonggol sudah memasuki fase perigon sempurna. Data ini didapat berdasarkan peninjauan rutin yang dilakukan oleh KPPGPPL pada hari Juma't, 6 Maret 2015.

Salam Lestari!
Bengkulu The Land Of Rafflesia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar