KPPGPPL BLOG: 3 Hari Lagi, Satu Rafflesia Mekar di Kaur

Selasa, 17 Februari 2015

3 Hari Lagi, Satu Rafflesia Mekar di Kaur

Tiga hari mendatang satu bonggol Rafflesia jenis arnoldii yang berada di hutan Sakaian Mayan, Manau Sembilan Padang Guci Hulu Kabupaten Kaur siap mekar.

Seminggu sebelumnya bonggol ini telah diprediksi KPPGPPL, namun belum juga mekar. Saat peninjaun kembali dilakukan (17/2/15), terlihat helai perigon sudah mulai mengangkat ( 5 cm), kuat dugaan bahwa bonggol ini akan mekar beberapa hari lagi, dan akan mekar sempurna pada hari Minggu, 22 Februari 2015. Posisi bonggol menempel pada inang (tetrastigma) yang menjalar di ketinggian pohon 2 meter dari permukaan tanah. Sehingga jika mekar, bunga ini akan terlihat istimewa & sangat menarik karena jarang-jarang rafflesia ditemukan mekar pada ketinggian.

Bunga Rafflesia sungguh unik, dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk mekar. Untuk mencapai bunga mekar, dari fase Kopula bisa sampai 9 bulan atau lebih dan jika sudah mekar hanya bertahan 5 hingga 7 hari, kemudian bunga Rafflesia layu/mati.

Lebih unik lagi, kita tidak bisa menentukan dengan tepat kapan bunga Rafflesia akan mekar. Namun bisa diperkirakan dengan mengacu  pada kondisi fisik atau iklim.

Salam Lestari !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar