KPPGPPL BLOG: Rafflesia Arnoldii R.Br

Sabtu, 07 Februari 2015

Rafflesia Arnoldii R.Br

Jenis ini dinamakan berdasarkan tipe spesimen yang berasal dari Pulau Lebar, Bengkulu Selatan dan penemuan jenis ini sekaligus memunculkan marga dan keluarga baru, yaitu Rafflesia dan Rafflesiaceae. Bunga ini dilihat pertama kali oleh Dr Joseph Arnold tahun 1812, dan baru dipublikasikan oleh Robert Brown pada bulan Juni 1821.

Rafflesia arnoldii sangat terkenal karena merupakan bunga tunggal yang paling besar di dunia dan mempunyai kisaran diameter antara 70-110 cm. Bunga ini mempunyai warna oranye sampai oranye tua pada perigon. Bercak-bercak di atas permukaan perigon mempunyai dua ukuran, warna lebih muda dari warna dasar perigon, atau putih sampai oranye muda. Bercak kecil terdapat diantara bercak yang besar. Jumlah bercak besar sekitar 15 buah jika dihitung dibagian terpanjang dari perigon. Bercak di diaphragma berwarna putih atau oranye muda yang dikelilingi dengan lingkaran yang berwarana orange tua.

Ramenta jenis ini adalah filiform, dimana jenis filiform sederhana dijumpai dibagian bawah bagian dalam tabung perigon.

Rafflesia  Arnoldii mempunyai rata-rata 10 kuncup per populasi dan mempunyai mortalitas yang beragam dari 20% sampai dengan 100%. Jenis ini ditemukan diketinggian 34 m sampai dengan 600 m di atas permukaan laut, dan mempunyai habitat dari hutan sekunder muda, kebun penduduk, hutan hujan dataran rendah sampai dengan hutan pegunungan bagian bawah.

Jenis ini mempunyai sebaran geografis yang paling luas, yaitu di sepanjang barat sisi Pegunungan Bukit Barisan dari Aceh di barat laut sampai dengan Lampung di tenggara.

Laporan keberadaan jenis ini terbanyak datang dari Provinsi Bengkulu.

"Sumber: diringkas dari buku Rafflesia Pesona Terbesar di Dunia ©Agus Susatya 2011"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar