KPPGPPL BLOG: Hampir Layu..! Rafflesia arnoldii mekar di Padang Guci, Kab. Kaur

Senin, 23 Februari 2015

Hampir Layu..! Rafflesia arnoldii mekar di Padang Guci, Kab. Kaur

Satu kuntum rafflesia jenis arnoldii mekar dengan diametar 65 cm di dalam kawasan Sakaian Mayan, Manau Sembilan, Padang Guci Hulu, Kab. Kaur.

Posisi bunga yang mekar berada di ketinggian 2 meter dari permukaan tanah, warna bunga sudah mulai berwarna kecoklatan, dan  diduga rafflesia ini mekar tak sempurna pada dua hari yang lalu karena terlihat  dua helai perigon gagal membuka sehingga menutupi bagian tabung bunga rafflesia.

Sebelumnya (17/2/2015) , KPPGPPL memprediksi bahwa bunga ini akan mekar sempurna pada harini (22/2/2015). Namun, kembali tidak sesuai apa yang diharapkan, bunga rafflesia sudah memsuki fase layu/mati. Prosesnya layunya bunga lebih cepat seperti yang diketahui bahwa Bunga Rafflesia jika mekar sempurna bisa bertahan 5 sampai 7 hari, dan kemudian layu/mati.

Hal ini bisa saja terjadi karna pengaruh Iklim/cuaca yang terlalu dingin, dan juga bisa disebabkan karena posisi bonggol/kuncup berada diketinggian sehingga mempercepat proses mekar dan layunya/mati bunga rafflesia.

Dilokasi saat ini terdapat 6 bonggol/kuncup rafflesia jenis arnoldii, dan 8 bonggol/kuncup untuk raafflesia jenis bengkuluensis. Terdapat satu bonggol rafflesia jenis bengkuluensis sudah memasuki fase perigon diperkirakan akan mekar bebrapa minggu kedepan.

Salam Lestari !!!
KPPGPPL Kab. Kaur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar