KPPGPPL BLOG: Satu Rafflesia bengkuluensis Siap Mekar di Kaur

Senin, 23 Februari 2015

Satu Rafflesia bengkuluensis Siap Mekar di Kaur

Satu bonggol/kuncup rafflesia jenis bengkuluensis sudah memasuki fase perigon di hutan Sungai Penangkulan, Manau Sembilan Padang Guci Hulu Kab. Kaur (22/2/2015). Dalam fase ini artinya Rafflesia siap mekar dalam beberapa minggu mendang.

Bonggol ini berada di tanaman inang (tetrastigma) yang menjalar di ketinggian pohon sekitar 2 meter dari permukaan tanah. Ukuran bonggol terlihat lebih kecil bekisar antara 15 - 18 cm. Jika mekar rafflesia akan terlihat istimewa dan lebih kecil dari ukuran rafflesia jenis bengkuluensis umumnya.

Rafflesia bengkuluensis merupakan Jenis Rafflesia terbaru di Indonesia. Jenis ini pertama kali didiskripsikan pada tahun 2005 di Talang Tais Kabupaten Kaur oleh Agus Susatya peneliti dari Bengkulu - Indonesia bersama 2 rekannya dari Malaysia yakni Arianto, & et Mat - Salleh.

Rafflesia bengkuluensis ini mempunyai sebaran terbatas di Indonesia yakni di Padang Guci Kabupaten Kaur Bengkulu.

Keistimewaan bunga Rafflesia yang bermekaran di Kabupaten Kaur adalah hutan tropis yang masih asri, lokasi bunga mekar yang cukup ekstrim dengan melintasi beberapa sungai, melintasi panorama sawah penduduk yang membentang luas, disertai aktivitas tradisional penduduk sehingga memiliki daya tarik sendiri khusus kepada wisatawan yang menyenangi kegiatan alam terbuka (outdoor activity).

Manau Sembilan, Padang Guci Hulu, merupakan sebuah desa di Kabupaten Kaur berjarak berkisar 50 kilo meter di Utara Kota Bintuhan, dan sangat mudah digapai dengan kendaraan.

Salam Lestari !!
KPPGPPL Kab. Kaur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar